Multimedia adalah suatu sarana untuk meningkatkan
keunggulan bersaing didalam era globalisasi, dimana komunikasi yang
memanfaatkan multimedia. Yang dimaksud dengan komunikasi multimedia disini
adalah convergensi antara contents dengan IT, sehingga membentuk suatu media
baru yaitu berupa cyber space. Contents itu sendiri yang menjadi factor utama
dalam keberhasilan komunikasi multimedia.
Multimedia sendiri mempunyai definisi gabungan
berbagai unsur media seperti gambar, teks, suara dan video yang di gunakan
untuk menyampaikan informasi secara interaktif dan menarik.
Komunikasi multimedia di bagi menjadi 2 kategori
:
1. Komunikasi Multimedia secara online.
Menggunakan suatu cyber space berupa dunia maya (
Internet ) dan satelite ( TV ). Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jaringan
yang luas ( world ) yang tergabung dalam suatu wadah tertentu.
Internet ) dan satelite ( TV ). Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jaringan
yang luas ( world ) yang tergabung dalam suatu wadah tertentu.
2. Komunikasi Multimedia secara offline.
Menggunakan suatu cyber space yang lebih kecil, sep
erti personal komputer dan cd. Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jarin
gan lokal ( terbatas ) dan medianya bisa di bawa ( dipindahkan ).
erti personal komputer dan cd. Disini para pengguna multimedia terhubung dengan suatu jarin
gan lokal ( terbatas ) dan medianya bisa di bawa ( dipindahkan ).
contoh : Company Profile dalam bentuk CD
Multimedia Interaktif
3. Media Iklan, Yang perlu dipertimbangkan dalam memilih Media
Iklan adalah jangkauan, frekuensi, dan pengaruhnya. Di samping itu harus di
pertimbangkan pula biaya, keunggulan dan keandalannya.
Komponen Multimedia
Multimedia bukanlah suatu istilah baru karna konsepnya
sudah ada sejak lama dan apple macintosh merupakan peloporyang membawa peranan
multimedia menjadi sangat penting dibidang komputer terutama dalam memanfaatkan
media computer.
Hingga saat ini computer IBM PC atau
compatible-nya juga mengikuti jejak tersebut dan mem-buat perkembangan
multimedia menjadi sangat cepat. Tidak hanya sebatas pada komputer yang
digunakan, tetapi juga sampai pada perangkat lunak ( software ).Sekarang ini
multimedia ban-yak digunakan untuk bidang Advertising ( Periklanan ) ataupun
untuk presentasi bisnis.
Multimedia terdiri dari berbagai elemen seperti
suara, gambar, animasi dan teks. Dalam peran-canganya secara tidak langsung
user dituntut untuk dapat menguasai program – program pengo-lah elemen tersebut.
A. Teks
Teks merupakan elemen dasar dari aplikasi
Multimedia. Teks merupakan kumpulan huruf, angka dan bahkan symbol tertentu
yang dapat merepresentasikan data seperti nama dan nilai. Format : txt
B. Gambar
Gambar merupakan suatu data bersifat non karakter
yang terbentuk dari suatu jaringan ( grid ) titik – titik yang sangat kecil.
Gambar atau image dibagi menjadi 2, yaitu Bitmap dan Vector
a. gambar bitmap
Gambar
Bitmap ( Raster image ) adalah gambar yang menggunakan grid / matrik warna yang
disebut dengan pixel untuk merepresentasikan kembali gambar di layer monitor.
Gambar berpola bitmap sangat bergantung kepada tingkat kerapatan pixel (
resolusi ), oleh karna itu gambar bitmap berisikan jumlah pixel tertentu dan
apabila gambar bitmap di perbesar melebihi batas jumlah maximal tingkat resolusinya
akan timbul jagged atau berundak yang men-gakibatkan gambar tersebut terlihat
pecah. Format : Jpeg, Tiff, Bmp, PNG dll
b. Gambar vector
Gambar Vektor adalah gambar yang di bentuk
dari sekumpulan garis lurus dan garis lengkung ( kurva). Menggunakan
perhitungan geometri ( posisi x dan y ).
Gambar vector tidak bergantung pada tingkat
resolusi, oleh karna itu gambar vector bisa di perbesar atau di perkecil tanpa
mempengaruhi kualitas dari gambar tersebut. Format : Ai, Fh, Cdr dll
c. Suara
Suara merupakan suatu gelombang ( sinyal ) analog
berbentuk sinusoidal. Untuk pemakaian dalam komputer, gelombang tersebut diubah
menjadi sinyal digital dan disimpan dalam bentuk data didalam komputer Format :
Wave, Mp3, Midi, WMA, dll.
d. Animasi dan Video
Animasi merupakan sekumpulan gambar yang dibuat
bergerak dalam satu satuan waktu ( second)
Format : Gif, Swf, Dat, Mpeg, Avi, Mov, dll.
Sumber :
http://kundang.weblog.esaunggul.ac.id/2013/08/15/teori-komunikasi-multimedia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar