Jumat, 19 Mei 2017

Peran Komunikasi Multimedia terhadap Praktisi PR




Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengalami kemajuan yang sangat pesat dalam dekade terakhir ini. Dengan TIK, semua kegiatan dibidang informasi mengalami perubahan. Terlebih  setelah kemunculan teknologi internet yang menyebabkan terjadinya konvergensi antar media, dimana masing-masing media semakin tipis jaraknya. Misal, terpadunya jaringan komputer dengan medium televisi yang kemudian dikenal dengan Web Television. Dari beberapa penemuan dibidang TIK tersebut, mencerminkan bahwa kebutuhan layanan informasi yang cepat dan terpadu telah menjadi tuntutan. Sehingga perkembangan TIK telah dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat penyampaian informasi kepada masyarakat luas.

Begitu juga dalam bidang kehumasan atau public relations (PR). dengan hadirnya teknologi internet, maka pekerjaan kehumasan menjadi lebih mudah dilaksanakan. Dengan menampilkan informasi di media internet melalui website, maka dalam waktu yang relatif singkat masyarakat dapat mengetahui informasi tersebut secara serempak diseluruh penjuru dunia.

Dunia Public Relation pada saat ini tidak bisa lepas dari peran multimedia, seperti diketahui bersama kemajuan zaman sangat menuntut peran para Humas untuk dapat mengikutinya, demi kemajuan perkembangan perusahaan. Humas dalam perusahaan berperan sebagai penghubung antara perusahaan dan dunia luar termasuk dalam proses promosi produk-produk yang dihasilkan dan juga penghubung antar perusahaan dengan masyarakat jika terjadi permasalahan. Penerapkan multimedia di perusahaan yang menonjol tertuju pada aktivitas pemasaran, khususnya ativitas promosi. Aktivitas promosi meliputi periklanan, promosi penjualan, perjualan perseorangan, public relation dan penjualan langsung termasuk penjualan lewat internet. Praktisi PR pada akhirnya harus update dengan teknologi terbaru. Mereka harus terus mengikuti perkembangan teknologi. Bila sekarang sedang tren Twitter, maka mereka harus terjun ke dalamnya biar mengerti bagaimana sebenarnya Twitter itu. Apa yang bisa dilakukan, aplikasi apa saja yang ada di Twitter yang bisa mendukung pekerjaan mereka.  

Praktisi PR adalah seseorang yang harus dapat berkomunikasi dengan baik secara lisan maupun tulisan melalui berbagai media. Perkembangan teknologi komunikasi menghadirkan sebuah media baru bagi praktisi PR yaitu media PR kontemporer. Bahkan kini, terdapat kajian baru dalam ilmu PR yaitu PR on the Net atau Cyber PR. Media PR kontemporer terdiri dari media massa online (newspaper online, magazine online, digital radio, digital television); media non-massa online (chatting, teleconference, video conference); dan media sosial online (Facebook, Twitter, Blog).
Seorang praktisi PR yang baik harus dapat beradaptasi dengan cepat terhadap teknologi-teknologi terbaru. Dengan menguasai media Internet, para praktisi PR mampu menjangkau publik mereka tanpa harus diintervensi oleh gatekeeper yang melakukan sensor terhadap terbitnya suatu informasi. Sebaliknya, publik juga dapat berkomunikasi kepada PR melalui media kontemporer yang telah ditentukan oleh praktisi PR.

Bila  praktisi PR tidak menguasai teknologi terbaru, maka hal tersebut menjadi suatu kerugian besar bagi perusahaan atau organisasi tempatnya bekerja. Perkembangan teknologi akan selalu berbanding lurus dengan tugas dan peran PR. Namun, keberadaan teknologi khususnya media Internet dalam ranah kerja praktisi PR tidak serta merta mengesampingkan peran media konvensional seperti media massa televisi dan radio. Bagaimanapun kata-kata yang dilontarkan seorang praktisi PR secara langsung melalui media televisi akan lebih dipercaya publik dibandingkan dengan serangkaian kata-kata yang ditulis di halaman situs web dunia maya. Semua jenis media akan saling mendukung dan melengkapi satu sama lain. Untuk itu seorang PR yang baik harus dapat beradaptasi dalam penggunaan berbagai macam media demi tercapainya tujuan perusahaan atau organisasi tempatnya berkarya.

sumber :
http://multimediafdik.blogspot.co.id/2011/12/pengaruh-multimedia-terhadap-kesuksesan.html
http://mujiyatieragil-an-multimedia-yogya.blogspot.co.id/2012/05/public-relation.html
https://fadhlyachandrakirana.wordpress.com/2012/11/22/manfaat-teknologi-komunikasi-bagi-public-relations/
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar